Pengalaman Seleksi Kementrian Keuangan 2014

Walaupun udah ganti tahun tapi g papa lah aku share, ini pengalamanku ikut tes CPNS pertama kali, dan langsung kementrian yang aku ikuti, bukan mau sombong apa gimana, tapi karna kuota jurusanku paling banyak dibutuhin di Kemenkeu daripada wilayah dan Kementrian yg lain. hehehe....

1. Seleksi Administrasi
 Ini seleksi pertama, yaitu daftar online lewat portal nasional yaitu panselnas abis itu kita daftar pada kementrian atau wilayah masing-masing. karna ini kementrian makanya cuma perlu ngisi data. Alhamdulillah lolos seleksi admin, setelah itu dapet pengumuman buat jadwal ngambil nomer ujian data sama tes CAT, karna aku daftar di wil Jogja jadi aku dsuru dateng ke kementrian keuangan yang daerah jogja yaitu yang di depan makam pahlawan jalan kusumanegara, lupa apa nama gedungnya.

2.TKD (tes kemampuan dasar)
Tahun 2014 semua seleksi harus pake sistem CAT (computer assested test) jadi pake komputer gitu dan langsung keluar nilainya. Ada 3 kategori soal yaitu wawasan kebangsaan (TWK), pengetahuan umum (TIU), dan kepribadian (TKP), dan Alhamdulilah lagi lolos dengan nilai yg cukup lah 350 dengan rincian 90, 110 dan 160. Mulai deh belajar buat tes selanjutnya yaitu psikotes

3. Psikologi
Tes ini merupakan tes yang paling butuh waktu lama dan menguras otak, pas tes ini ada beberapa tahapan, tes yang dikasi waktu gitu buat ngerjainnya, abis itu ada tes pauli atau koran, dan aku bisa ngerjain 3/4 kertas bolak balik, lumayan lahh, hehe... abis itu ada yang ngisi data diri termasuk didalamnya kelebihan dan kekurangan, kesuksesan yg pernah diraih dan kegagalan, trus ada tes yang suru gambar pohon sama orang. Alhamdulillah puji syukur aku lolos lagi, dan sekali lagi proses seleksi yang harus aku lalui

4. Tes Kesehatan,Kebugaran, dan Wawancara
Pas tes kesehatan yang dicek adalah tinggi badan , berat badan, mata termasuk buta warna dan minus, gigi, farises, tekanan darah, kalu dinyatakan layak maka akan diperbolehkan untuk mengikuti tes kebugaran. tes kebugaran dilaksakan pada hari yg sama dengan tes kesehatan, tes kebugaran meliputi lari 12menit keliling lapangan, yaitu sekitar 300m dan kita bisa mengelilingi lapangan berapa kali gitu waktu itu aku cuma bisa hampir 5 kali putaran, usahakan sebanyak banyaknya, abis istirahat sebentar langsung dilanjutkan suffle run yaitu lari membentuk angka 8 dengan waktu sesingkat singkatnya, pas lari ini kakiku udah gemetaran dan pas lari rasanya kaki melayang g nginjak bumi.
Selang 2 hari dapet jadwal tes wawancara, tes ini buat menggali kepribadian diri kita apakah cocok buat kerja di kementrian keuangan atau enggak, wawancara berlangsung sekitar 30 menit dengan pertanyaan tentang diri kita, pengalaman kerja kalau ada, pengalaman organisasi, dan perkuliahan. pewawancara ada 2 orang dan langsung didatangkan dari Kemenkeu pusat, hahaha.... mantapss

3 minggu kemudian tibalah waktunya pengumuman, dari pagi aku buka webnya kemenkeu sampai malam enggak ada pengumuman sampai akhirnya kira-kira jam 8 malam pengumuman muncul. Dan karna pengumuman sudah enggak per jurusan seperti sebelumnya maka jadilah baca satu persatu, dan aku tidak menemukan namaku, dan sampai aku serching namun tetap tidak ada namaku.

Akhirnya dengan perasaan kecewa aku merelakan kalau memang rejekiku belum di Kemenkeu 2014, Buat yang memiliki nasib seperti aku Tetap Semangat menjalani hidup, karna semuanya sudah ada jalannya masing-masing dan tidak ada yang namanya kebetulan di dunia ini.
SEMANGATZ KAKAK :)

Comments

Popular posts from this blog

Review Novel "Saat Malaikat Maut Menjemputku"

Cara Mengatasi Rambut yang Kusut dan Mengembang

Dilan, dia adalah Dilanku tahun 1991